Lompat ke konten

7 Hal Yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Komputer

  • Blog
yang harus diketahui pengguna komputer
0
(0)

Banyak yang tidak menyadari hal-hal yang harus diketahui setiap pengguna komputer hingga terjadinya sesuatu yang buruk menimpa mereka, beberapa diantaranya sering diabaikan.

Selain memberikan manfaat yang cukup besar, penggunaan komputer juga dapat menimbulkan kerugian jika tidak digunakan dengan baik dan tepat. Kerugian akibat kehilangan atau kebocoran data, atau menjadi korban akibat kejahatan internet sering terjadi kita dengar saat ini.

Guna menghindari atau paling tidak minimalkan risiko kerugian akibat penggunaan komputer yang tidak tepat, ada beberapa hal yang perlu diketahui pengguna walaupun bukan seorang yang ahli di bidang komputer.

Selain menjaga keamanan dengan menerapkan tips terbaik keamanan komputer Windows, setiap pengguna komputer juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Hal-hal Yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Komputer

Jaga keamanan informasi pribadi Anda

Saat Anda menggunakan komputer secara online, hal penting yang harus diketahui setiap pengguna adalah menjaga keamanan informasi pribadi. Cara menjaga keamanan informasi pribadi terbaik adalah menggunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua langkah.

Saat Anda masuk ke situs web atau aplikasi seperti facebook atau twitter, Anda dapat menggunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA) seperti Google Authenticator atau Microsoft Authenticator untuk meningkatkan keamanan akun digital. Autentikasi Dua Faktor bekerja dengan cara memberikan konfirmasi kedua untuk memverifikasi identitas pengguna.

Bersikaplah curiga terhadap email aneh, jangan mengklik tautan yang mencurigakan, dan jangan mengirimkan informasi pribadi Anda ke situs mana pun yang tidak menggunakan HTTPS. Jangan pernah menggunakan jaringan Wi-Fi publik terbuka tanpa perlindungan.

Kelola file dan aplikasi dengan rapi

Salah satu yang harus diketahui setiap pengguna namun sering diabaikan adalah mengelola file dengan rapi. Menyimpan file di desktop dapat memperlambat komputer Anda. Sebaliknya, susun file-file serupa ke dalam folder yang mudah ditemukan. Ini juga akan membantu memperlancar proses pembersihan jika tiba saatnya menghapus item yang tidak diperlukan.

Utamakan memasang aplikasi yang hanya diperlukan dan mendukung pekerjaan Anda saja. Dapatkan lebih banyak ruang memori dengan menghapus program yang tidak diperlukan dari perangkat Anda.

Jika Anda memfilter program berdasarkan ukuran, Anda dapat melihat program mana yang paling banyak menghabiskan memori dan memutuskan program mana yang dapat dihapus.

Bila Anda atau pengguna lain menghapus file, file tersebut akan masuk ke Recycling Bin. Ini memberi Anda satu kesempatan terakhir untuk menyelamatkan file yang telah Anda hapus, tetapi juga dapat memenuhi ruang pada hard drive Anda jika Anda tidak membersihkannya secara teratur.

Sekali sebulan Anda harus memeriksa Recycling Bin untuk mencari file yang mungkin tidak sengaja terhapus dan membersihkan sisanya. 

Rawat baterai agar tahan lebih lama

Baterai lithium-ion bekerja paling baik saat baterainya sedikit kosong. Baterai lithium-ion tidak perlu terisi penuh 100% sepanjang waktu. Lebih baik berpegang pada aturan 40% – 80%. Jika Anda mengisi daya baterai hingga 100%, jangan biarkan baterai tetap terhubung ke kabel setelah pengisian ulang selesai.

Beberapa pabrikan komputer telah menyediakan perangkat lunak atau aplikasi yang memungkinkan pengguna akhir memaksimalkan masa pakai baterai sistem mereka dengan mengonfigurasi cara baterai dirawat berdasarkan preferensi pribadi mereka. Kunjungi situs web resmi merek komputer untuk mendapatkan aplikasi yang berguna.

Jaga kebersihan perangkat keras komputer

Hal berikutnya yang harus diketahui setiap pengguna namun sering diabaikan adalah menjaga kebersihan perangkat keras komputer. Selain membersihkan monitor, mouse dan keyboard, Anda juga perlu membersihkan kipas komputer dan unit pendinginnya. Anda tidak akan percaya berapa banyak debu yang terkumpul di komputer Anda, sampai Anda melihatnya sendiri.

Kipas dan unit pendingin yang kotor tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan komputer cepat panas dan menurunkan kinerjanya. Kipas komputer dan unit pendinginnya perlu dibersihkan secara berkala. Jika Anda ragu atau takut melakukannya, Anda dapat meminta bantuan teknisi untuk membersihkannya.

Letakkan komputer di area kantor atau rumah yang memiliki aliran udara yang baik, dengan ruang kosong selebar dua inci di kedua sisinya. Memberikan ruang bagi komputer untuk bernapas membantu mencegah panas berlebih, yang akan memperpanjang masa pakai perangkat Anda.

Tumpukan kertas dan barang lain yang diletakkan di komputer Anda juga dapat membuatnya terlalu panas, jadi jaga agar area meja Anda tetap teratur dan bebas dari kekacauan.

Hindari makan dan minum dekat komputer

hal yang harus diketahui setiap pengguna komputer

Benda cair pada umumnya dapat menghantarkan listrik sehingga dapat menyebabkan kerusakan jika komputer terkena tumpahan benda cair.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menikmati segelas kopi sambil memeriksa email di pagi hari, selalu hindari makan atau minum di dekat komputer untuk mengurangi risiko tumpahan.

Yang harus diketahui setiap pengguna komputer adalah menghindari menaruh makanan dan minuman dekat komputer. Menaruh makanan dan minuman dekat komputer memiliki resiko yang tinggi terkena tumpahan meskipun Anda telah berhati-hati.

Jangan klik berlebihan saat komputer tidak merespons

Tidak masalah apakah menggunakan Linux, macOS atau Windows, ketika sesuatu tidak berfungsi, biasanya tindakan pengguna adalah mulai mengklik sesuatu berkali-kali.

Mengklik tombol secara acak dan atau berlebihan dapat lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat. Klik berkali-kali yang dilakukan pengguna akan diproses terus saat komputer mulai dapat merespons.

Lakukan lebih cepat dengan pintasan

Menggunakan pintasan keyboard alih-alih mouse memungkinkan Anda bekerja lebih cepat, lebih efisien, dan dengan peningkatan presisi, sehingga menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda.

Pelajari 7 Pintasan Keyboard Windows-11 untuk Mengakses Fitur Canggih dan 10 Fungsi Keyboard Shortcut Word untuk Menjadi Profesional

Dengan menerapkan tips terbaik keamanan komputer Windows dan hal-hal yang harus diketahui setiap pengguna komputer seperti yang telah disebutkan di atas, Anda telah melakukan upaya terbaik dalam menggunakan komputer yang baik dan aman.

Semoga bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *