Lompat ke konten

Mengatur Portrait dan Landscape dalam 1 Dokumen Word

protrait dan landscape dalam satu dokumen Word
5
(3)

Biasanya dalam membuat dokumen di Word, orientasi kertas yang digunakan adalah Portrait atau tegak (vertikal). Jika Anda membuat dokumen yang memiliki lampiran berupa tabel atau gambar dengan posisi mendatar (horizontal), Anda perlu mengatur orientasi yang berbeda untuk halaman tersebut.

Ketika akan membuat dokumen dengan orientasi halaman yang berbeda, Anda dapat mengatur halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen Word sehingga Anda tidak perlu membuat dua buah dokumen yang berbeda.

Dalam panduan ringkas ini, hanya memerlukan dua langkah untuk mengatur halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen Word.

Misalkan halaman pertama Anda adalah portrait dan halaman kedua adalah landscape, maka Anda hanya perlu menambahkan Section Break (Next Page) di halaman pertama. Kemudian Anda dapat mengubah orientasi halaman berikutnya (kedua) tanpa mempengaruhi halaman sebelumnya.

Cara Mengatur halaman Portrait dan Landscape dalam satu dokumen Word

Langkah 1: Tambahkan Section Break pada Halaman Sebelumnya.

Menambahkan Section Break (Next Page) pada halaman sebelumnya bertujuan untuk memisahkan halaman sebelumnya dengan halaman berikutnya. Untuk menambahkan Section Break (Next Page), lakukan berikut ini:

  • Letakkan kursor di bagian akhir halaman sebelumnya (pertama), kemudian pilih tab Layout ->Breaks->Next Page
tambahkan Section-Break

Langkah 2: Ubah Orientasi Halaman Berikutnya

Setelah menambahkan Section Break (Next Page) pada halaman sebelumnya (pertama), sekarang Anda dapat mengubah orientasi halaman berikutnya (kedua) tanpa mempengaruhi halaman sebelumnya (pertama), lakukan berikut ini:

  • Letakkan kursor di halaman berikutnya (kedua), kemudian pilih tab Layout ->Orientation->Landscape
ubah orientasi Landscape halaman berikutnya

Penutup

Untuk mengatur halaman protrait dan landscape dalam satu dokumen Word, hanya memerlukan dua langkah yaitu dengan menambahkan Section Break (Next Page) pada halaman sebelumnya kemudian ubah orientasi halaman berikutnya tanpa mempengaruhi halaman sebelumnya.

Jika Anda ingin mengubah orientasi halaman berikutnya lagi (ketiga atau keempat) menjadi portrait, maka Anda dapat mengulangi kembali kedua langkah di atas.

protrait dan landscape dalam satu dokumen Word

Dengan menambahkan Section Break (Next Page) pada halaman, Anda dapat menerapkan isi Header dan Footer yang berbeda untuk halaman tersebut. Seperti contoh di atas, header halaman pertama memilki kop surat, sementara halaman kedua tanpa kop surat.

Untuk penerapan Header yang berbeda, Anda dapat mempelajari cara membuat kop surat di Word. Anda juga dapat melihat contoh penerapan Footer yang berbeda dalam panduan lengkap membuat nomor halaman di Word

Semoga berguna

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 3

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tag: