Lompat ke konten

Fitur-fitur Keren PowerPoint-2021, Anda Akan Menyukainya!

fitur keren powerpoint-2021
0
(0)

Fitur-fitur keren PowerPoint-2021 ini patut Anda coba dalam presentasi Anda. Dengan PowerPoint-2021, Anda dimungkinkan untuk membuat konten yang menarik karena telah ditambahkan dengan fitur-fitur baru antara lain penulisan bersama, pemutaran ulang tinta, perekaman peragaan slide yang disempurnakan, dan fitur hebat lainnya.

Jika Anda masih menggunakan PowerPoint-2010 atau yang lebih lama, setelah membaca tulisan ini, Anda mungkin akan sangat tertarik untuk menggunakan PowerPoint-2021. Dibandingkan dengan PowerPoint-2010 atau yang lebih lama, PowerPoint-2021 memiliki banyak fitur baru yang sebelumnya tidak terdapat di PowerPoint-2010. Walaupun begitu, Microsoft mengumumkan bahwa ada juga fitur-fitur yang tidak disertakan dalam PowerPoint LTSC 2021 untuk pelanggan komersial.

Dalam artikel ini, saya ingin menunjukan kepada Anda beberapa fitur menarik dan seru yang menurut saya luar biasa untuk digunakan. Dengan fitur-fitur baru ini, Anda dapat meningkatkan kreativitas Anda dalam membuat slide presentasi yang lebih menarik.

Fitur-fitur Keren Powerpoint-2021 Yang Perlu Anda Coba

Morph Transition

Transisi Morph memungkinkan Anda menganimasikan gerakan mulus dari satu slide ke slide berikutnya. Anda bisa menerapkan transisi Morph ke slide untuk menciptakan tampilan gerakan dalam berbagai hal seperti teks, bentuk, gambar, SmartArt, dan WordArt.

Fitur transisi baru ini dapat Anda temukan pada tab Transitions -> Morph

Anda juga dapat melihat bagaimana cara menerapkan efek transisi ini dalam contoh file PPT dengan Morph transition

Morph Transition

Rekam Tayangan Slide

Dengan fitur baru ini, Anda dapat merekam penayangan slide, Anda juga dapat menyertakan video presenter dalam rekaman. Selain itu, Anda juga dapat memilih  untuk merekan Pena dan Penunjuk Laser. Tentu saja untuk merekam presentasi PowerPoint, diperlukan webcam, mikrofon, speaker, dan kartu suara. Setelah menyelesaikan rekaman, Anda dapat menyimpannya sebagai tayangan slide, menyimpannya sebagai presentasi atau menyimpannya sebagai video tersendiri.

Fitur keren ini dapat ditemukan pada tab Record -> Record

fitur keren powerpoint-2021 rekam tanyangan slide

Berikut tampilan saat perekaman tayangan slide

tampilan saat perekaman tayangan slide

Ekspor ke Video

PowerPoint 2021 memiliki fitur untuk mengekspor presentasi Anda menjadi video. Ketika Anda membuat presentasi, semua elemen presentasi (narasi, animasi, gerakan penunjuk, pengaturan waktu, dan seterusnya) disimpan di presentasi itu sendiri. Dengan fitur ini, Anda dapat mengubah presentasi menjadi video yang dapat ditonton oleh audiens Anda.

Anda dapat memilih kualitas video yang diinginkan, yang terkait dengan resolusi video yang telah selesai dibuat. Semakin tinggi kualitas video, semakin besar ukuran file. (Anda dapat mengujinya untuk menentukan kualitas yang sesuai kebutuhan.)

Fitur ini dapat dijumpai di tab Record -> Export to Video atau pada menu File -> Export -> Create a Video.

Tampilan layar untuk membuat video dengan pilihan kualitas mulai dari Standar(480p) hingga Full HD (1080p)

pilhan untuk membuat video di powerpoint 2021

Perekaman Layar

Fitur keren PowerPoint-2021 yang sangat menarik adalah perekam layar, biasanya perekam layar sangat dibutuhkan oleh pembuat konten. Dengan fitur ini Anda dapat memilih area di layar dan merekamnya sebagai video sama seperti saat menggunakan aplikasi perekam layar lainnya. Fitur ini dapat merekam layar PowerPoint itu sendiri, layar desktop atau aplikasi lainnya yang sedang terbuka.

Video hasil rekaman layar akan dimasukan ke dalam slide presentasi. Anda juga dapat menyimpannya sebagai video tersendiri dengan pilihan Save media as.

Fitur keren ini dapat ditemukan pada tab Record -> Screen Recording. Tampilan saat perekaman layar

tampilan saat perekaman layar dengan powerpoint 2021

Menggabungkan Bentuk

Fitur keren PowerPoint-2021 lainnya adalah menggabungkan bentuk. Fitur pemformatan yang memungkinkan Anda menggabungkan dua atau lebih bentuk untuk membuat bentuk kustom baru. Fitur ini sangat berguna untuk menambah daya tarik visual dan kejelasan pada presentasi Anda

Terkadang, bentuk yang Anda inginkan tidak disertakan dalam bentuk bawaan atau default. Anda dapat menggabungkan bentuk untuk membuat gambar yang Anda inginkan.

Fitur ini dapat Anda temukan pada Shape Format -> Merge Shapes. Fitur ini akan aktif apabila Anda telah menyorot 2 atau lebih bentuk, kemudian Anda akan melihat lima opsi penggabungan, sebagai berikut:

Union : Menggabungkan dua bentuk atau lebih menjadi satu bentuk besar. 

Combine : Menggabungkan bagian-bagian bentuk yang tidak cocok. Bagian yang berpotongan atau persimpangan dari beberapa bentuk akan dihilangkan sehingga membuat bentuk baru. 

Fragmen : Potong bentuk menjadi potongan-potongan baru yang berpotongan atau tumpang tindih, sehingga menciptakan bentuk baru. 

Intersect : Membuat bentuk baru dari titik perpotongan dua atau lebih bentuk yang telah dipilih. Ini akan menghapus semua bagian lain sehingga hanya menyisakan bagian yang tumpang tindih.

Subtract : Jika bentuk saling tumpang tindih, opsi ini mengurangi satu bentuk dari bentuk lainnya.

Opsi penggabungan bentuk yang paling banyak digunakan adalah Combine. Dengan opsi ini, Anda dapat menghasilkan teks yang saling berpotongan dengan suatu bentuk, sehingga menghasilkan teks yang lebih bernilai seni dan terlihat lebih profesional.

gabungkan bentuk di powerpoint-2021

Itu saja fitur-fitur keren PowerPoint-2021 yang dapat saya ungkapkan saat ini. Mungkin di waktu yang akan datang, artikel ini akan diperbarui.

Semoga informasi ini berguna.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *