Lompat ke konten

7 Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas di Toko Online

laptop berkualitas
5
(2)

Apakah mungkin mendapatkan laptop bekas berkualitas di toko online? Banyak yang ragu bahkan enggan untuk membeli laptop bekas apalagi di toko online. Salah satu faktor yang meragukan adalah takut mendapatkan barang yang tidak berkualitas, cacat atau bahkan rusak.

Namun banyak juga yang mencari laptop atau pc bekas dengan berbagai pertimbangan, salah satu alasannya adalah ingin mendapatkan laptop berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli baru. Dengan membeli laptop bekas, pembeli berharap bisa mendapatkan fitur-fitur yang canggih dengan harga yang terjangkau, seperti layar sentuh, resolusi layar yang tinggi serta gambar yang jernih.

Dengan banyaknya laptop dan PC bekas yang dijual di pasaran, ada kemungkinan barang yang dijual adalah barang cacat, bahkan rusak. Seperti baterai yang sudah tidak berfungsi, layar bergaris dan atau lainnya. Namun, tentu ada juga yang menjual laptop bekas berkualitas.

Setelah membaca tips sederhana ini, Anda akan mengetahui bagaimana kiat-kiat untuk mendapatkan laptop bekas berkualitas dan dengan harga yang relatif murah.

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas secara Online

Tips berikut berdasarkan pengalaman berbelanja di beberapa toko online yang ada di Indonesia.

Tentukan Spesifikasi Laptop

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam membeli laptop bekas berkualitas adalah menentukan spesifikasinya, misal jenis prosesor, ukuran RAM, kapasitas atau jenis penyimpanan, resolusi layar dan lain sebagainya.

Hal yang paling mendasar untuk mengukur kecanggihan laptop adalah dengan mengetahui jenis prosesor yang digunakan. Secara awam dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tipe atau seri prosesor yang digunakan laptop maka akan semakin tinggi pula kemampuannya. Semakin tinggi kemampuan laptop akan semakin banyak pula fitur canggih yang dapat digunakan. Namun konsekuensinya adalah harga yang semakin mahal.

Untuk mendapatkan laptop murah cukup mudah, namun mendapatkan yang berkualitas perlu sedikit usaha lebih. Standar murah adalah harga yang terjangkau dan yang berkualitas adalah laptop yang dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, spesifikasi minimum yang disarankan untuk laptop bekas berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Prosesor yang didukung Windows-11 (minimal: Intel Core i5 atau i7 generasi kedelapan) (Harus)
  • Resolusi layar FHD (1920 x 1080) (Harus)
  • RAM minimal 8GB (dapat disesuaikan)
  • Penyimpanan 128GB (dapat disesuaikan) SSD (Harus: Solid State Drive)
  • Layanan purna jual yang mudah didapat baik dari Toko maupun produsen
  • Garansi Toko dan atau garansi pabrik jika memungkinkan

Laptop yang didukung berarti mampu menjalankan Windows-11 sesuai persyaratan minimum yang ditentukan.

Walaupun mungkin saat ini Anda tidak tertarik untuk menggunakan Windows-11, sangat disarankan agar Anda memilih laptop bekas dengan prosesor yang dapat menjalankan Windows-11. Apabila sewaktu-waktu Anda berubah pikiran untuk upgrade dan menikmati fitur-fitur Windows-11, Anda dapat melakukannya saat itu juga.

Oleh karena itu, buatlah sebuah spesifikasi standar minimal untuk laptop bekas berkualitas yang ingin Anda cari. Salah satu standar minimal laptop bekas berkualitas adalah menggunakan prosesor yang didukung Windows-11. Intel Core i5 8th atau i7 8th adalah generasi paling rendah prosesor Intel yang didukung Windows-11.

Jika Anda memilih laptop dengan spesifikasi di bawah standar minimal sebagaimana yang disebutkan di atas, Anda tidak akan dapat melakukan upgrade ke Windows11 dan tetap dengan sistem operasi yang lama. Dalam beberapa bulan saja, Anda akan merasa memiliki laptop yang sudah ketinggalan zaman.

Mencari Laptop Bekas Berkualitas

Untuk mencari laptop bekas berkualitas di toko online, cara termudah adalah dengan menggunakan kotak pencarian di aplikasi toko online, lalu ketikkan kata kunci sesuai spesifikasi standar minimal seperti yang telah diuraikan di atas.

Contoh kata kunci pencarian yang dapat Anda gunakan adalah i5/i7 8th. Untuk mempersempit pencarian, Anda juga dapat menambahkan kata kunci dengan merek, sehingga kata kuncinya menjadi DELL i5/i7 8th atau Lenovo i5/i7 8th. DELL dan Lenovo adalah dua merek laptop yang sudah terkenal.

membeli laptop bekas berkualitas

Dengan kata kunci ini, Anda akan melihat daftar laptop bekas dari berbagai toko dengan harga yang bervariasi antara Rp3jt – Rp4jt. Rentang harga ini masih jauh di bawah harga laptop baru paling murah sekalipun.

Laptop baru harga termurah saat ini adalah berkisar antara Rp4,4juta – 5,5juta. Denga harga ini, Anda akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi paling minimal. Biasanya spesifikasi yang ditawarkan adalah: resolusi layar 1366×768, prosesor Intel Celeron dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB SSD.

Untuk mendapatkan laptop bekas yang berkualitas, Anda tidak dapat hanya mengandalkan kata kunci seperti tersebut di atas. Anda perlu menggali informasi lainnya dengan mengikuti tips berikutnya.

Cari Laptop Bekas dari Brand Terpercaya:

Dari hasil pencarian di toko online, pilihlah laptop dengan merek yang telah teruji dan terkenal dengan kehandalannya. Merek-merek ini biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih mudah dicari informasinya. Pilih merek laptop yang menyediakan layanan purna jual yang baik, jika memungkinkan pilih produk dengan masa garansi yang cukup lama.

Pilih Toko dengan Reputasi Terbaik

Kekurangan membeli laptop bekas di toko online adalah Anda tidak dapat memeriksa kondisi laptop yang sebenarnya kecuali barang telah Anda terima. Untuk menghindari risiko mendapatkan laptop yang cacat atau rusak, pilihlah laptop bekas dari pedagang/toko yang sudah punya pengalaman dan reputasi yang baik.

Reputasi adalah penilaian pembeli kepada sebuah toko tentang tingkat pelayanan dan kualitas produk yang dijual. Periksa reputasi penjual. Apakah mereka memiliki banyak transaksi sebelumnya? Apakah ada keluhan dari pembeli lain? Situs e-commerce biasanya memiliki sistem penilaian untuk penjual.

Di Tokopedia, setiap toko disertai dengan Badge Reputasi yang ditampilkan di halaman toko. Setiap Badge Reputasi Toko memiliki lima tingkatan poin. Semakin besar Poin Reputasi Toko maka semakin tinggi pula Badge Reputasi Toko yang diperoleh.

Jika pembeli merasa puas maka toko akan memperoleh +2 poin, tetapi jika pembeli merasa kecewa maka toko akan memperoleh -2 poin.

Pelajari lebih lanjut tentang sistem reputasi toko di Tokopedia

Memilih toko dengan Poin Reputasi paling tinggi adalah pilihan yang baik. Lebih baik memilih toko dengan Badge Reputasi daripada yang tidak memiliki reputasi sama sekali.

Untuk melihat Badge Reputasi toko, di halaman produk, gulir ke bawah sehingga tampil nama toko, kemudian klik pada nama toko tersebut. Di halaman toko, klik tombol Info Toko untuk melihat reputasi toko.

reputasi toko online

Selain menilai reputasi toko dengan melihat Badge Reputasi, Anda juga dapat menilai reputasi toko dengan melihat skor Rating dan Ulasan yang ditampikan dengan gambar bintang berwarna kuning. Nilai rating bintang adalah nilai rata-rata penilaian seluruh pembeli di toko tersebut. Semakin tinggi rating toko berarti semakin baik kualitas barang dan pelayanannya.

Jika Anda kesulitan mencari toko dengan rating 5, setidaknya Anda dapat memilih toko dengan rating 4,9.

Untuk melihat rating toko, di halaman toko, klik tab Ulasan.

rating ulasan toko

Tokopedia juga menyediakan fitur untuk memfilter barang yang Anda cari berdasarkan jenis toko dengan Power Badge.

Memilih laptop dari toko dengan Power Badge adalah untuk menyeleksi agar hanya menampilkan produk dari toko yang sudah diverifikasi dan memenuhi syarat-syarat tertentu dari Tokopedia. Dengan menerapkan filter ini, semakin kecil kemungkinan Anda bertemu penjual bermasalah atau penjual dengan itikad tidak baik.

Ajukan Pertanyaan kepada Penjual

Jangan ragu untuk menghubungi penjual dan bertanya lebih lanjut tentang kondisi laptop. Tanyakan apakah ada masalah tertentu, apakah ada garansi, dan sejenisnya. Anda juga dapat menanyakan kode produk atau nomor seri laptop yang akan Anda beli.

Pilihlah toko yang berani memberikan garansi yang cukup lama.

Bandingkan Beberapa Spesifikasi dan Harga

Pilih dan bandingkan 2 atau 3 laptop bekas berkualitas dari berbagai toko dengan reputasi terbaik. Bandingkan harga jual dan spesifikasi lengkap kedua laptop tersebut.

Catatan: Terkadang toko tidak mencantumkan spesifikasi lengkap yang sesuai dengan produk yang dijual, Anda dapat memeriksa spesifikasi yang benar di situs web produsen laptop tersebut secara langsung.

Berikut adalah contoh perbandingan dua buah laptop bekas dari dua toko yang berbeda dengan memilih varian SSD dan RAM yang sama.

perbandingan 2 laptop bekas

Perbandingannya adalah sebagai berikut:

SpesifikasiLaptop ALaptop B
HargaRp3.800.000Rp3.100.000
ProsesorIntel i5-8350UIntel i5-8xxx
Ukuran Layar13.3 inch IPS14 inch
Resolusi Layar1920 x 10801920 x 1080
Layar Sentuh  Yes No
Mode 2 in 1Yes No
perbandingan 2 laptop bekas

Dari perbandingan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Dengan spesifikasi prosesor, SSD dan RAM yang sama tetapi Laptop A lebih mahal Rp700.000 daripada laptop B, laptop A memiliki fitur layar sentuh dan dapat diputar 360° sehingga bisa berfungsi sebagai tablet.

Jika Anda suka atau butuh laptop dengan banyak fitur maka pilihlah laptop A walaupun dengan harga sedikit lebih mahal. Jika Anda tidak mementingkan fitur-fitur tersebut maka pilihlah laptop B karena Anda mengeluarkan biaya yang lebih murah.

Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Jangan terpaku oleh harga laptop saja. Anda juga perlu menghitung biaya ongkos kirim untuk sampai ke alamat Anda. Kadang-kadang, pedagang nakal mencari untung dengan cara melebihkan berat barang. Dengan barang barang yang berlebih, pembeli harus membayar ongkos kirim lebih mahal dari yang seharusnya, sementara harga laptop yang dipasang hanya sedikit lebih murah dari pesaingnya.
  • Jangan mudah terpedaya dengan spesifikasi tinggi yang dicantumkan oleh penjual di tokonya. Anda perlu memeriksa merek dan tipe laptop dari toko lain, atau dapat juga dengan mengunjungi situs produsen laptop.

Gali Informasi Laptop dari Situs Web Lain

Dengan mengunjungi halaman produk di situs web produsen laptop, Anda dapat mengetahui informasi teknis tentang laptop. Anda perlu mengetahui apakah spesifikasi yang ditulis penjual di toko sama dengan spesifikasi yang tercantum di situs web. Terkadang, produsen laptop membuat satu seri laptop dengan berbagai varian dengan perbedaan yang sedikit.

Jika Anda memperoleh nomor seri laptop yang akan Anda beli, Anda dapat memeriksa apakah ada dukungan atau pembaruan yang tersedia di situs web produsen, dan juga memeriksa tahun produksi dan masa garansi.

Selain dari situs web produsen laptop, Anda juga dapat mengetahui informasi penting lainnya dari testimoni atau review tentang laptop dari situs web lain.

Penutup

Untuk mendapatkan laptop bekas berkualitas di toko online membutuhkan sedikit usaha. Anda perlu mengetahui beberapa hal seperti spesifikasi laptop, merek laptop, reputasi penjual dan ulasan dari pembeli lain.

Setelah membaca 7 tips ini, mudah-mudahan Anda dapat memperoleh laptop bekas berkualitas dengan harga yang murah.

Semoga tips ini bermanfaat.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 2

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *