Lompat ke konten

Sejarah Virus Komputer: Dari Floppy Disk ke Jaringan Wireless

  • Blog
sejarah virus komputer
0
(0)

Sejarah virus komputer berawal dari awal tahun 1980-an, saat virus komputer pertama kali diciptakan pada tahun 1981 oleh Rick Skrenta yang diberi nama Elk Cloner.

Virus komputer dapat menimbulkan dampak yang sangat merugikan jika menyebar. Per tahun 2013, virus komputer telah mengakibatkan kerugian ekonomi senilai miliaran dolar setiap tahunnya.

Baru-baru ini virus yang paling merugikan adalah Ransomware Wannacry. Ransomware Wannacry adalah serangan siber di seluruh dunia yang dimulai pada 12 Mei 2017. Serangan ransomware ini menyebar melalui komputer yang menjalankan Microsoft Windows. Ransomware Wannacry menyadera file milik pengguna, dan menuntut pembayaran tebusan dalam mata uang kripto Bitcoin.

Perkembangan teknologi sistem komputer dan komunikasi mempengaruhi cara kerja virus komputer menyebarkan diri. Mulai dari penyebaran melalui floppy disk dan boot sector pada awal  berkembangnya komputer, kemudian beranjak melalui jaringan internet.

Bagaimana sejarah virus komputer dan perkembangan di dunia ini? Berikut adalah garis perjalanan sejarah virus komputer dari waktu ke waktu.

Sejarah Virus Komputer dari Tahun ke Tahun

1981

Virus ‘in the wild’ pertama ditemukan. Virus yang bernama Elk Cloner ini menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II.

1986

Sepasang kakak adik dari Pakistan, Basit dan Amjad, menciptakan sebuah virus boot sector pertama yang diberi nama Brain. Brain sering kali disebut sebagai virus komputer pertama di dunia.

1987

Virus-virus file infector seperti Leigh mulai bermunculan, kebanyakan menyerang
file COM seperti COMMAND.COM. Pada tahun yang sama muncul virus penyerang file-file EXE pertama, Suriv 01 dan 02 serta Jerusalem. Mainframe IBM mengalami serangan worm IBM Christmas Worm dengan kecepatan replikasi setengah juta kopi per jam.

1988

Virus pertama yang menyerang komputer Macintosh, MacMag dan Scores, muncul. Pada tahun yang sama didirikan CERT (Computer Emergency Response Team) oleh DARPA dengan tujuan awalnya untuk mengatasi serangan Morris Worm yang diciptakan oleh Robert Morris.

1989

AIDS Trojan muncul sebagai trojan yang menggunakan samaran sebagai AIDS information program. Ketika dijalankan trojan ini akan mengenkripsi hard drive dan meminta pembayaran untuk kunci dekripsinya.

1990

Virus Exchange Factory (VX) BBS yang merupakan forum diskusi online para pencipta virus didirikan di Bulgaria. Mark Ludwig menulis buku “The Little Black Book of Computer Viruses” yang berisi
cara-cara untuk menciptakan berbagai jenis virus komputer.

1991

Virus polymorphic pertama, Tequila, muncul di Swiss. Virus ini dapat mengubah dirinya untuk menghindari deteksi.

1992

Kehadiran virus Michaelangelo yang menjadi ancaman bagi seluruh dunia. Kemuculan beberapa tool yang dapat digunakan untuk menciptakan virus seperti
Dark Avenger Mutation Engine (DAME) yang dapat mengubah virus apa pun menjadi virus polymorphic, dan Virus Creation Lab (VCL) yang merupakan kit
pertama yang dapat digunakan untuk menciptakan virus

1995

Para hacker dengan nama ‘Internet Liberation Front’ melakukan banyak serangan pada hari Thanksgiving. Beberapa badan yang menjadi korban serangan ini adalah
Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, GE, IBM. Virus macro pertama yang menyerang aplikasi Microsoft Word, Concept, dikembangkan.

1996

Kemunculan virus Boza yang didesain khusus untuk menyerang file-file Windows 95. Virus Laroux yang merupakan virus penyerang Microsoft Excel pertama. Virus Staog yang merupakan virus Linux pertama.

1998

Kemunculan virus Java pertama, Strange Brew.

Back Orifice merupakan trojan pertama yang dapat digunakan sebagai tool untuk mengambil alih kendali komputer remote melalui Internet.

Pada tahun ini, virus-virus macro lainnya bermunculan.

1999

Kemunculan virus Melissa yang merupakan kombinasi antara virus macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word dan worm yang menggunakan address book
pada aplikasi Microsoft Outlook dan Oulook Express untuk mengirimkan dirinya sendiri melalui email.

Virus Corner merupakan virus pertama menyerang file-file aplikasi MS Project.

Virus Tristate merupakan virus macro yang bersifat multi-program menyerang aplikasi Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Bubbleboy merupakan worm pertama yang dapat aktif hanya dengan membuka email melalui aplikasi Microsoft Outlook tanpa memerlukan attachment.

2000

Serangan Distributed Denial of Service (DDoS) pertama membuat kerusakan pada situs-situs besar seperti Yahoo!, Amazon.com, dan lain-lain.

Virus ILOVEYOU adalah virus komputer yang menyebarkan surat cinta dari seseorang di Filipina kepada semua teman daringnya. Virus ini dibuat oleh seorang programmer Filipina, yang mengirimkannya sebagai lampiran pada pesan email dengan baris subjek “ILOVEYOU”. Surat cinta merupakan worm dengan kecepatan menyebar tertinggi pada saat itu yang menyebabkan kerusakan pada banyak sistem email di seluruh dunia.

Liberty Crack yang merupakan worm pertama untuk peralatan PDA.

2001

Gnuman (Mandragore) merupakan worm pertama yang menyerang jaringan komunikasi peer to peer. Worm ini menyamarkan diri dalam bentuk file MP3 yang dapat di download.

Kemunculan virus yang didesain untuk menyerang baik sistem operasi Windows maupun Linux, seperti Winux atau Lindose.

Virus LogoLogic-A menyebar melalui aplikasi MIRC dan e-mail.

2002

Virus LFM-926 merupakan virus pertama yang menyerang file-file aplikasi Shockwave Flash.

Donut merupakan worm pertama yang menyerang .NET services.

SQLSpider merupakan worm yang menyerang aplikasi yang menggunakan teknologi Microsoft SQL Server

2003

Virus Blaster menginfeksi lebih dari 250.000 komputer Windows dalam waktu kurang dari 24 jam.

Virus Slammer diyakini sebagai virus komputer dengan penyebaran tercepat yang pernah dirilis ke dunia maya. Virus ini menyebar dengan kecepatan sekitar satu juta komputer per menit selama hari pertamanya

2017

Serangan siber Ransomware Wannacry di seluruh dunia yang dimulai pada 12 Mei 2017. Serangan ini disebarkan dengan menggunakan EternalBlue, sebuah eksploitasi yang dikembangkan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) untuk sistem Windows. Ransomware Wannacry menyadera file milik pengguna, dan menuntut pembayaran tebusan dalam mata uang kripto Bitcoin.

virus mengifeksi super komputer

Perjalanan sejarah virus komputer dari tahun ke tahun telah mengalami perubahan cara kerja penyebaran dan dampak kerugian yang ditimbulkan. Perusahaan-perusahaan besar sering menjadi target dari serangan virus komputer ini.

Dengan semakin berkembangnya teknologi AI (Artificial Intelligence) saat ini, apa kira-kira yang akan terjadi dengan virus komputer di masa depan? Dengan potensi para pencipta virus untuk memanfaatkan teknologi PC yang mereka miliki, akan ada kemungkinan besar munculnya virus komputer yang lebih ganas dan berbahaya. Perjalanan sejarah virus komputer akan terus bertambah dengan ancaman yang semakin kompleks di masa depan.

Apa sebenarnya virus komputer itu dan bagaimana cara kerjanya? Mengenal Virus Komputer: Ancaman Yang Menakutkan

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?