Lompat ke konten

2 Cara Mengubah Excel atau Word ke PDF, Mudah tanpa Aplikasi

Ubah word ke pdf di Windows
0
(0)

Jika Anda ingin mengubah dokumen Office, file PowerPoint, Excel atau Word ke PDF agar dapat dibagikan dengan segera, Anda tidak perlu aplikasi tambahan apa pun. Panduan ini akan menjelaskan dua cara mudah mengubah file PowerPoint, Excel maupun Word menjadi PDF di Windows 10/11.

Portable Document Format (disingkat PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Anda dapat mengubah file PowerPoint, Excel maupun Word ke PDF dengan salah satu dari dua cara berikut. Yang pertama menggunakan opsi Save As di PowerPoint, Excel atau Word dan yang kedua menggunakan Microsoft Print to PDF.

Walaupun dalam panduan ini hanya menampilkan gambar menggunakan aplikasi Word, langkah-langkah berikut ini dapat Anda praktikan juga pada aplikasi PowerPoint dan Excel karena PowerPoint, Excel dan Word mempunyai tata letak menu yang sama.

Mengubah Excel atau Word ke PDF dengan Save As

Untuk mengubah dokumen Anda, file PowerPoint, Excel atau Word ke PDF dengan Save As. Ikuti langkah berikut:

1. Buka dokumen Anda

Pilih dan buka file PowerPoint, Excel atau Word yang ingin Anda ubah ke PDF.

2. Pilih opsi Save As

Setelah dokumen terbuka, pilih menu File di sudut kiri atas aplikasi. Pada menu File, pilih Save As kemudian pilih Browse untuk memilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file

opsi Save As di Word

3. Pilih PDF (*.pdf)

Pada pilihan Save as type pilih “PDF (*.pdf)”. Kemudian Klik Save untuk mengonversi dan menyimpan file Word sebagai PDF.

ubah Word ke PDF dengan opsi Save As

Mengubah Excel atau Word ke PDF dengan Microsoft Print to PDF

Jika Anda tidak dapat menemukan opsi Save As di aplikasi Office yang Anda gunakan, Anda dapat mengubah dokumen PowerPoint, Excel atau Word menjadi PDF menggunakan opsi Microsoft Print to PDF. Untukmelakukannya, lakukan langkah berikut:

1. Buka dokumen Anda

Pilih dan buka file PowerPoint, Excel atau Word yang ingin Anda ubah ke PDF.

2. Buka opsi Mencetak

Tekan tombol CTRL + P pada keyboard untuk membuka opsi mencetak, kemudian klik pilihan Printer, kemudian pilih Microsoft Print to PDF

memilih opsi Microsoft Print to PDF

3. Simpan Dokumen

Setelah Anda memilih Microsoft Print to PDF pada pilihan Printer, klik tombol Print maka jendela Save Print Output As akan terbuka. Pilih lokasi dan ketikan nama dokumen yang Anda inginkan, lalu klik tombol Save

ubah dokumen Word menjadi PDF dengan Microsoft Print to PDF

Selesai, dengan memilih salah satu cara di atas, Anda dapat dengan mudah menyimpan atau mengubah dokumen PowerPoint, Excel atau Word menjadi PDF dan dapat membagikannya dengan segera tanpa perlu aplikasi tambahan apa pun.

Selain membagikan file PDF secara langsung, Anda juga dapat menampilkan file PDF di halaman web tanpa menggunakan plugin.

Jika Anda sedang menggunakan ponsel, Anda juga dapat mengubah file Word ke PDF di HP Android tanpa menggunakan aplikasi.

Semoga bermanfaat

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik pada bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah orang pertama yang menilai artikel ini.

Kami mohon maaf karena artikel ini tidak bermanfaat bagi Anda!

Biar kami tingkatkan artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat menyempurnakan artikel ini?